Jumat, 28 Oktober 2011

KUSIR PEDATI....

Pendapat seorang kusir pedati.....
1.    Kepemimpinan kepala sekolah yang dapat mengarahkan dan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar dengan system pembelajaran tuntas di sekolah.
2.    Kepala sekolah yang berhasil lebih mengunakan prinsif kemitraan dan mampu mengembangkan setrategi penyembuhan dan setrategi penumbuhan dalam kinerja.
3.    Seorang kepala sekolah yang berhasil bisa memimpin mitra kerjanya dengan melakukan berbagai kegiatan, baik yang menyangkut interaksi antar pimpinan dan mitranya, juga dilengkapi dengan teknik komunikasi yang tepat dan kepribadian yang positif.
4.    Kepala sekolah berpeluang besar untuk menciptakan suasana menuju upaya-upaya inovatif dilingkungan sekolah untuk mewujudkan peningkatan Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar dan mengembangkan Kompetensi profesional guru.
5.    Kepala sekolah lebih mengutamakan peningkatan rasa simpati guru terhadap sekolah dan rasa simpati masyarakat terhadap sekolah.
Apabila penulis disyahkan untuk menyampaikan sebuah konsep,maka konsep yang akan dicoba adalah membudayakan konsep “ATRA”
ATRA ini merupakan sebuah akronim dari Aspirasi, Transparansi, Reformasi,dan Aplikasi. Konsep ini yakin dapat membantu pengembangan strategi penyembuhan dan penumbahan dalam kinerja.
Suasana dan semanggat kerja pada saat ini semakin menurun walaupun riwend yang diberikan dari pemerintah semakin tinggi,tapi akar permasalahan dari hal tersebut kita masih kental dengan mendset/pola piker paradigma lama, sehingga sesosok guru bagaikan tumbuhan yang layu,hidup enggan mati tak mau.
Muda-mudahan dengan konsep “ATRA” dapat membantu mengembangkan kompetensi guru, sehingga mutu pendidikan semakin meningkat.


TENAGA PENDIDIK YANG.... SDN 2 NEGLASARI

MIMPI.......................

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak besar bagi kehidupan, sehingga persaingan global pun terjadi di seluruh dunia. Hal ini menuntut kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk meraihnya. Dengan demikian untuk menjadikan sekolah yang maju dan berteknologi maka sekolah harus bisa mengikuti perkembangan zaman.
Untuk bisa mewujudkan sekolah yang bervisi teknologi maka SDN 2 Neglasari  membutuhkan lingkungan sekolah yang ber-ICT. Sarana tersebut belum lengkap adanya. Jumlah sarana pembelajaran komputer, bahasa digital, dan perlengkapan ICT kelas lainnya belum memenuhi harapan. Apalagi di sekolah belum tersedia Pusat Sumber Belajar yang berbasis TIK. Dengan demikian ketercapaian memenuhi Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) belum bisa tercapai.
Berdasarkan realita di atas maka diharapkan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan sekolah seperti di atas sesuai dengan visi, misi, dan RKS yang telah dicanangkan.

RAPAT PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAAN TIK SD